Wednesday, June 18, 2014

Memakan Makanan Asin Dan Gurih Pada Saat Bergadang Sebabkan Jantung Kolaps

News! Beginner - Begadang untuk nonton bola memang semakin seru jika dilakukan bersama teman ataunobar. Seringkali kegiatan nobar untuk nonton seakan tak lengkap jika tak disertai snack atau makanan ringan yang asin dan gurih.

Padahal, mengonsumsi makanan ringan yang asin dan gurih seperti keripik, martabak telur, kacang goreng dan lain-lain sangat tidak dianjurkan oleh dokter. Penyebabnya, makanan tersebut mengandung banyak MSG atau mecin yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

"Biasanya kan keripik yang asin atau makanan lainnya yang asin dan gurih-gurih itu mengandung banyak monosodium glutamat (MSG), dan sifatnya mengikat cairan sehingga bisa membuat tekanan darah naik," ujar dr Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, LMPNLP, ELT, CCH dari RS Asri Duren Tiga ketika dihubungi detikHealth, Rabu (18/6/2014).

Tekanan darah yang tinggi secara drastis memang diketahui sebagai salah satu penyebab serangan jantung. MSG yang bersifat mengikat cairan membuat darah menjadi lebih kental, yang membuat peredaran darah menjadi terhambat.

Di sisi lain, pakar tidur sehat dr Andreas Prasadja, RPSGT, dari RS Mitra Kemayoran, mengatakan bahwa memang ketika begadang, terjadi ketidakseimbangan hormon. Akibatnya, nafsu makan untuk makanan asin dan gurih menjadi lebih besar.

"Nafsu makan lebih besar tapi pengennya makannya makanan asin dan gurih gitu. Itu kan tidak baik untuk kesehatan," papar dokter yang akrab disapa dr Ade tersebut.

Sebagai gantinya, jika memang Anda merasa lapar ketika menonton bola di tengah malam, ganti snack dan makanan ringan menjadi buah atau sayur. Atau jika tidak memungkinkan, pilihlah snack atau makanan ringan yang tidak mengandung banyak mecin dan MSG.

Sumber: Detik Health

0 komentar

Post a Comment